Jumat, 16 Mei 2008

Dari Radio Sampai E-Learning

Dari Radio Sampai E-Learning

Oleh Annisa Phieraz P*

Teknologi Komunikasi Pendidikan (TKP) di Indonesia berkembang sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Pada masa awal perkembangan TKP, muncul radio pendidikan sebagai primadonanya teknologi komunikasi pendidikan. Radio pendidikan di Indonesia pada masa itu menjadi salah satu alat untuk menyampaikan informasi pendidikan khususnya sebagai sarana pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) bagi guru-guru SD se Indonesia yang dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Jakarta. Radio pendidikan disiarkan melalui Radio Republik Indonesia (RRI) pada jam-jam tertentu dan harus didengarkan oleh semua guru SD sebagai bahan referensi untuk menambah pengetahuan.

Setelah berkembangnya teknologi informasi kearah audiovisual, maka berkembang pula televisi pendidikan sebagai sarana pendidikan. Televisi pendidikan mulai dikembangkan oleh pemerintah melalui stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI). TVRI dengan program pendidikannya memberikan kontribusi yang cukup besar dalam peningkatan mutu pendidikan pada masa itu.

Seiring berkembangnya komputer maka berkembang pula teknologi komunikasi pendidikan. Komputer merupakan sarana yang cukup membantu menyebarkan informasi pendidikan. Dengan komputer kita dapat membuat video pembelajaran atau CD pembelajaran lain yang dapat menunjang proses pembelajaran di sekolah. Walaupun sarana yang digunakan tidak hanya komputer, dalam membuat video pembelajaran komputer merupakan alat yang paling vital. Disamping itu komputer melalui program internet dapat menyebarkan informasi secara cepat dan engkap sampai ke belahan dunia manapun. Hampir seluruh pelosok negeri ini dapat dijangkau oleh internet, sehingga lebih mempermudah para pencari ilmu untuk mendapatkan pengetahuan seluas-luasnya sesuai yang dia butuhkan.

Dewasa ini berkembang pula pembelajaran berbasis web atau yang lebih dikenal dengan sebutan e-learning. E-learning merupakan pembelajaran dengan menggunakan media elektronik dalam hal ini internet. Dengan menggunakan e-learning, maka pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan. Selain itu akhir-akhir ini juga dikembangkan teleconverence yang tidak menutup kemungkinan terjadinya pertemuan tatap muka tanpa harus memperhatikan jarak.

Apapun alat yang digunakan, teknologi komunikasi pendidikan sangat berpengaruh dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Seiring berkembangnya teknologi komunikasi pendidikan maka diharapkan berkembang pula pendidikan di Indonesia.

* Jurusan Kurtekdik UNNES Semarang angkatan 2006 (NIM 1102406051)

Tidak ada komentar: