Selasa, 20 Mei 2008

Perkembangan Teknologi Komunikasi Pendidikan

Teknologi Komunikasi Pendidikan Indonesia Masa Kini
Oleh Annisa Phieraz P*

Teknologi Komunikasi Pendidikan (TKP) menurut Yusufhadi Miarso, dkk (1983) adalah teknologi komunikasi yang diterapkan dalam bidang pendidikan atau teknologi pendidikan yang memanfaatkan media komunikasi. Perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia tidak dapat lepas dari peran teknologi informasi. Teknologi informasi yang sedang berkembang saat ini adalah web. Hal tersebut tidak disia-siakan oleh pemerintah. Pemerintah berlomba-lomba untuk memanfaatkan web sebagai sarana pembelajaran dan penyaluran informasi pendidikan.
Masih terngiang di ingatan kita sekitar 15 tahun yang lalu, radio RRI sering menyiarkan siaran pendidikan yang antara lain berisi tentang pendidikan moral, ajakan yang membangun, pendidikan kecakapan hidup, dan masih banyak lagi yang lain. Masa sekarang peran radio pendidikan telah sedikit banyak digantikan oleh internet dalam hal ini berbentuk web.
Pemerintah telah membangun jaringan pendidikan nasional (jardiknas) yang mengarah pada pembelajaran berbasis web. Pemerintah melalui jardiknas memberikan kontribusi yang sangat positif dalam membangun jaringan informasi pendidikan yang luas demi peningkatan pendidikan Indonesia. Bahkan berita terbaru, pemerintah membeli hak cipta beberapa percetakan, yang kemudian buku-buku pelajaran sekolah dapat di download melalui internet. Sehingga lebih mengukuhkan bahwa perkembangan teknologi pendidikan Indonesia telah mengarah kepada web dengan segala kemudahan, kecepatan, dan kelengkapan yang dimiliki. Pada tahun-tahun kedepan dapat dipastikan perkembangan teknologi pendidikan akan mengalami perkembangan yang lebih pesat seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi di Indonesia.
* Jurusan Kurtekdik UNNES Semarang angkatan 2006 (NIM 1102406051)

Tidak ada komentar: