Minggu, 25 Mei 2008

DAMPAK KEMAJUAN TEKNOLOGI TELEPON SELULER BAGI MASYARAKAT

oleh : Bangkit Panji A

Kemajuan teknologi komunikasi pada saat ini terasa begitu cepat. Hal ini tampak dari terus berkembangnya berbagai macam jenis telepon, dari jenis telepon kabel yang konvensional sampai dengan jenis telepon nir kabel seperti handy talky atau "ht", telepon seluler atau sering disingkat ponsel, dan PDA, yaitu ponsel generasi terbaru yang telah menunjukkan kesiapannya sebagai perangkat multiguna, sebagai peralatan komunikasi, komputasi dan internet. Sesuai konsep mobile office, mobile computing, mobile internet, mobile commerce dan seterusnya. Seiring dengan perkembangan zaman ponsel saat ini sudah mampu memberikan fasilitas digital camera dengan fungsi MMS sebagai provider.
Adapun ragam dan kegunaan ponsel yaitu mulai dari ponsel kategori fashion, ponsel smart, ponsel walkman, sampai ponsel outdoor. Untuk ponsel fashion saat ini, sosoknya tercermin dari desain dan material khusus yang digunakan untuk mempercantik penampilan handset. Desain unik ponsel jenis ini tampak dari layar pembuka key pad yang dibuat memutar. Ciri khas ponsel fashion lainnya adalah variasi warna yang sangat elok seperti coffe brown dan warm amber. Ada juga ponsel walkman. Ponsel ini, jelas ditujukan untuk para music mania.
Bagi kalangan pebisnis yang memiliki mobilitas sangat tinggi, teknologi ponsel menyediakan ponsel pintar (smart) yang lebih dikenal dengan sebutan Wi-Fi (Wireless Fidelity). Dengan handset genggam yang mantap, ponsel ini menyediakan fasilitas-fasilitas yang dapat membantu user mendatangi tempat-tempat hotspot yang sudah marak keberadaannya. Ponsel ini dilengkapi dengan koneksi internet yang lebih cepat, download, lampiran pada e-mail, dengan kapasitas rekam data sangat tinggi. Sehingga komunikasi data antarperanti digital ponsel ini mampu menyambungkan koneksi nirkabel lewat inframerah dan bluetooth.
Ponsel lain yang cukup tangguh dan revolusioner adalah ponsel out door. Ponsel ini dikeluarkan dengan short & out acctive dan dirancang dengan sistem pertahanan tinggi. Desainnya berupa camsell dan candy bar dengan waktu siaga mencapai 860 jam atau 1 bulan. Dengan lama waktu bicaranya mencapai 16 jam.
Seiring dengan munculnya ponsel yang beraneka ragam dan semakin canggih maka hadirlah teknologi baru yang dikenal dengan 3G yang pastinya akan semakin memanjakan konsumen. Layanan 3G pada dasarnya adalah layanan seluler dengan transfer data berkecepatan sangat tinggi. Kecepatan transfer minimal layanan 3G adalah 3 megabyte (MB) per detik . Dengan kecepatan tersebut, pelanggan bisa menikmati aneka layanan baru, seperti menonton video klip, film hingga televisi di ponsel, akses internet berkecepatan sangat tinggi, atau konferensi video. Dari sisi teknologi, layanan 3G terbilang baru karena negara yang mengaplikasikan layanan ini masih sedikit atau dapat dihitung dengan jari.
Setiap hal baru yang masuk ke masyarakat pasti membawa dampak atau perubahan sosial. Dampak negatif dari kemajuan teknologi ponsel ini antara lain :
Bagi segi kesehatan dampak negative dari penggunaan ponsel adalah radiasi sebuah telepon seluler dapat merusak otak.
Memudahkan sekelompok orang menjalankan tindak kejahatan. Serangkaian tindakan dilakukan untuk menjerat anak-anak masuk jaringan bisnis porstitusi melalui komunikasi dengan telepon seluler. Telepon seluler digunakan sebagi alat menipu dan menejbak anak-anak dengan iming-iming harta melimpah.
Kemajuan teknologi telepon seluler, yang dipergunakan untuk enyimpan, menyebarkan gambar-gambar dan video porno merupakan salah satu dari modus tindak kejahatan yang bisa diakses dengan mudah melalui telepon seluler.
Dampak positif dari kemajuan teknologi ponsel antara lain :
Bagi para pebisnis dari kalangan sosial ekonomi status tinggi (A, B), kehadiran ponsel 3G tentu akan semakin memudahkan mereka dalam mengambil keputusan. Pergerakan indeks saham maupun kurs dan didukung informasi dari pers yang bisa dipantau oleh mereka dari manapun akan membuat simpel pekerjaan mereka.
Bagi remaja maupun para games mania, ke depan mereka akan lebih leluasa bermain game online, tak hanya lewat internet namun juga lewat ponsel, karena jaringan 3G memungkinkan untuk itu. Pun begitu bagi para peminat komik, mereka bisa mendapatkan komik dengan gambar berkualitas lewat layanan 3G.

Tidak ada komentar: